SMKN9 Semarang – Mulai tahun ajar 2017 di semester gasal ini, RPL me Launching dan mencanangkan untuk semua siswanya wajib membuat dan memiliki SAISTUGRAM ( Satu siswa Satu Program ) dan SAISTUKSI (Satu Siswa Satu Kompetensi). Keduanya merupakan upaya Revitalisasi SMK yang menjadi tujuan dan harapan Indonesia maju kedepan dikancah digital.

Gerakan Saistugram dan Saistuksi termotivasi dari perubahan global dunia digital seperti  CloudMobileBig Data dan  Sosial media. sekaligus wujud tanggung jawab tim RPL SMKN9 untuk menjadikan siswa di generasi milineal mampu berkiprah diabad digital. Karya kita bisa beragam bentuk mulai berbasis Web, Android, IOT, Desktop, Inovasi, Games pembelajaran -media pembelajaran, e-comerce, karya ilmiah dan lain sebagainya.

Di abad digital ini tuntutannya adalah mandiri ( tetap memperhatikan kaidah kerjasama atau tim yang solid ), mampu menghasilkan produk inovasi berbasis digital , menjadi Programer, Developer, Inovator yang ujung-ujungnya menjadi It Preneur handal.  Tak mudah memang tetapi  kaki harus melangkah, pantang mundur ketika layar sudah berkibar, show must go on.

Saistugram dan Saistuksi bukan gerakan mengada-ada atau gerakan tiba-tiba, tetapi sudah dicoba dijalankan sejak tahun ajaran 2015-2016 atau angkatan ke dua dari lulusan RPL kemudian dilanjutkan dengan lulusan ke 3 ( 2016-2017), Saat itu projek pembuatan program masih bersifat kelompok dan 2017 ini dimulai gerakan satu siswa satu program ( Saistugram) dan Saistuksi ( satu siswa satu kompetensi) serta saistulog ( satu siswa satu blog dan vlog ). Saistugram bukan menistakan kerja  kelompok, melainkan justru semangat memperkuat pribadi kalian masing-masing, agar pantang menyerah, tahan banting dan siap menghadapi  tekanan globalisasi digital saat ini.U are not only but together. Selain itu  saistugram-saistuksi adalah bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional 1.000 startup yang tengah dijalankan Pemerintah. Saistugram Saistuksi adalah gerakan StartUp siswa Jurusan RPL SMK Negeri 9 Semarang, yang  hasil karyanya mengatasi problem solving, usefulness, memiliki nilai komersial, dan nilai bisnis

Dengan mengucap Bismillahhirahmanirrahim, gerakan Saistugram dan Saistuksi akan mulai dijalankan. Target pertama diukur dari hasil akhir di Penilaian akhir semester gasal 2017. 

SAISTUGRAM-SAISTUKSI

SMK NEGERI 9 SEMARANG

2017 -2018

  1. Prosedure awal :

Yang perlu diperhatikan adalah, lengkapi  dulu :

   1.ide tentang program yang akan  dikerjakan

  1. Latar Belakang Produk yang dikerjakan
  2. Tujuan Produk
  3. Fitur Produk
  4. Cara Kerja Produk
  5. Rancangan Desain Produk berupa media visual seperti sketsa produk.

B.Untuk Saistugram-Saituksi ini perlu diperhatikan :

1.Originality

Ide murni hasil pemikiran siswa , bisa  mengembangkan metode dan conten yang makin fokus )

  1. Sustainability

Ide yang ditawarkan  memberikan solusi yang berkelanjutan.

  1. Feasibility – waktu

Ide yang dibuat dapat diimplementasikan secara nyata dalam waktu s/d seminggu menjelang UKK Nopember-Desember 2017

  1. pemberdayaan masyarakat ( empowerment )

Ide yang dibuat  dapat menyelesaikan permasalahan yang nyata dan memberikan manfaat, khususnya bagi masyarakat.

  1. Technical imnplementation

Siswa dapat memaparkan konsep dan implementasi teknis dari ide tersebut secara jelas.

  1. Skill

Siswa  memiliki skill beginner dalam bidang pemrograman ( android, web, IOT, inovasi dll ).