SMKN9 Semarang – menilik judul yang sekaligus menjadi pedoman dasar bagi negara dan warga negaranya untuk merubah mental dan karakter bangsa ini memiliki 3  nilai revolusi mental yaitu integritas, etos kerja, dan gotong royong. ( Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental ).

Menurut inpres tersebut, ada lima program Gerakan Nasional Revolusi Mental yang harus digalakkan, yaitu:

I. Program Gerakan Indonesia Melayani,
II. Program Gerakan Indonesia Bersih,
III. Program Gerakan Indonesia Tertib,
IV. Program Gerakan Indonesia Mandiri,
V. Program Gerakan Indonesia Bersatu.

Kalopun sebagai guru belum berhasil me revolusi (baca : merubah kearah yang lebih baik ) siswa  atau lebih mainstream lagi adalah bagaimana mungkin kita membentuk karakter siswa ( Disiplin, Kerjasama, syukur ), lok kita sendiri belum berkarakter ( profesional ). ayolah kita minimal melakukan  revolusi diri sendiri, baik sebagai pribadi maupun guru.

Target revolusi mental ke diri sendiri adalah pemahaman mengenai GURU adalah PEMBIMBING – bukan sekedar AGEN OF CHANGE tetapi juga CHAIN OF VALUE,  seseorang disebut Guru jika berhasil membawa  sukses muridnya,  Seorang PEMBIMBING bukanlah GURU yang secara pribadi memiliki nilai sangat baik untuk dirinya sendiri, melainkan berhasil menjadikan muridnya melebihi dirinya.

 ( DIDIK SRI PURWADI – DES 2016 )