RPL SMKN9 SEMARANG – Literasi memang upaya membentuk masyarakat ( pelajar ) untuk gemar membaca, dibelahan lain pergerakan dunia yang makin gegas ini, memberi konsekuensi bagi guru  untuk memperbanyak terobosan-terobosan dan improve dalam pembelajaran.  Dari sisi Literasi misalnya, menggabungkan proses Meditasi dan mengakhiri dengan Resume memberi motivasi siswa untuk tidak sekadar membaca tetapi menuliskan apa yang sudah dibaca. Penelitian dari Oxford University menyimpulkan meditasi mampu meningkatkan fokus belajar siswa.

Jurusan RPL mencoba melakukan improve dengan melakukan kombinasi Mediterasum ( Meditasi, Literasi dan Resume ), tetapi dalam literasi tidak melulu membaca saja melainkan literasi berbasis visual graphic user interface  ( vgui ) atau menyaksikan presentasi teknologi informasi, seperti learning Local Area Network dari CISCO, atau melihat karya dari Edmodo ( cekitoutedmodo.com sudah memperbarui contennya makin membumi, menggunakan konsep  learning by doing.

Pertama. dikatakan dalam proses literasi sebaiknya tidak usah ditagih, tetapi dari pengalaman, mencatat dari apa yang sudah dibaca dan dilihat justru akan meningkatkan daya ingat siswa. Kedua Literasi tidak ada salahnya justru menaruh bacaan atau lebih fokus membaca Jurnal sesuai dengan jurusan siswa, justru anak akan makin fokus kepada bacaan ilmiah atau Jurnal ( Indonesia tertinggal jauh dari Malaysia lho ), https://www.konfrontasi.com/content/budaya/mengapa-indonesia-jauh-tertinggal-dalam-pendidikan

1. Perpustakaan dikbud ( http://perpustakaan.kemdikbud.go.id/laman/)

2. Perpusatakaan nasional ( http://www.pnri.go.id/beranda/)

3. edu ( edu.google.com )

4.Edmodo ( https://www.edmodo.com/ )

5. http://bukusekolahdigital.com/data/2013/

6. http://www.perpusnas.go.id/beranda

7. http://lipi.go.id